Senin, 14 November 2016

TUGAS PENULISAN ( ARTIKEL MAKANAN SIAP SAJI "KFC" )

Artikel  Makanan Siap Saji “ KFC “

Makanan yang siap saji merupakan makanan yang disajikan dengan cepat biasa disebut “Fast Food”. Jenis makanan ini merupakan gaya hidup dalam kehidupan masyarakat dengan cara yang serba cepat dan mempermudah individu untuk mengkonsumsi makanan siap saji. Keuntungan yang diperoleh dari fast food adalah menghemat waktu, dengan mengikuti kehidupan sekarang yang serba cepat ini, tidak ada pilihan lebih baik daripada mendapatkan makanan siap saji. Tidak peduli berapa banyak koki memuji manfaat makanan segar, ketika jam pulang kantor, ketika seorang pulang ke rumah dengan keadaan lelah dan lapar, makanan siap saji merupakan makanan yang paling mudah di peroleh tanpa harus menghabiskan waktu di dapur, memasak makanan yang mengharuskan seseorang untuk melakukan perjalanan ke supermarket untuk membeli bahan-bahan untuk hidangan yang sebelum dikonsumsi, semua bahan masakan membutuhkan proses mencuci, mengupas, memasak, dan seterusnya hingga proses penyajian. Maka itu makanan fast food lebih disukai daripada masakan makanan sendiri bagi orang-orang yang sibuk. Selain waktu, dapat menghemat biaya sehingga memberikan fast food keunggulan atas makanan yang disiapkan di dapur.

Banyaknya restoran cepat saji yang berada di Indonesia menimbulkan persaingan ketat dalam kompetisi mutu serta kualitas dari produk yang dihasilkan. Fast food atau restoran cepat saji, mulai populer di Indonesia pada awal 1980. Dari berbagai  banyak produk makanan cepat saji salah satu diantaranya adalah Kentucky Fried Chicken atau yang sering kita sebut KFC adalah makan cepat saji dengan menu utama ayam. Cabang-cabangnya sudah menempati seluruh wilayah Indonesia bahkan seluruh dunia. Biasanya KFC berada disebuah pusat perbelanjaan agar bertujuan orang sehabis berbelanja bisa datang untuk makan ke KFC. Menu utama yang ditawarkan oleh KFC adalah ayam yang dibumbui tepung dengan pilihan rasa Original dan Crispy. Saat ini produk makanan KFC sampai sekarang  masih sangat diminati oleh kalangan masyarakat Indonesia  meskipun banyak makanan cepat saji lainnya.

Kentucky Fried Chiken (KFC) merupakan salah satu restoran cepat saji yang hak eksklusif waralabanya dipegang oleh PT.Fast Food Indonesia. KFC merupakan pemimpin global dalam bisnis kategori fast food dengan menggunakan menu andalan daging ayam goreng. Selain menawarkan produk ayam goreng, KFC juga memenuhi selera konsumen dengan menu pilihan lain seperti nasi, perkedel, kentang goreng, spaghetti, cream soup, twister, dan burger serta menawarkan produk-produk baru seperti combo double, colonel yakiniku dan yang lainnya juga. KFC menspesialisasikan perusahaannya pada menu ayam goreng dan memposisikan dirinya sebagai “jagonya ayam” .

Sebagai pemegang hak waralaba tunggal untuk merek KFC di Indonesia, PT Fast Food Indonesia Tbk didirikan oleh Keluarga Gelael pada 1978. Pada 1979, Perseroan mendapatkan akuisisi waralaba dengan pembukaan gerai pertama pada bulan Oktober di Jalan Melawai di Jakarta. Pembukaan gerai pertama terbukti sukses dan diikuti dengan pembukaan geraigerai selanjutnya di Jakarta dan ekspansi hingga ke sejumlah kota besar lainnya di Indonesia antara lain Bandung, Semarang, Surabaya, Medan, Makassar, dan Manado. Sukses membangun merek ini, menanamkan KFC dalam benak konsumennya sebagai merek waralaba cepat saji yang terkenal dan dominan di Indonesia.

Pengalaman sukses dan peningkatan pertumbuhan yang berkelanjutan selama lebih dari 30 tahun, tidak diragukan lagi telah menjadikan merek KFC sebagai pemimpin pasar restoran cepat saji di negara ini. Produk-produk utama Perseroan, Colonel's Original Recipe dan Hot & Crispy, tetap menjadi produk ayam goreng paling disukai di antara semua merek restoran cepat saji di seluruh Indonesia, yang konsisten dinilai sebagai ayam goreng paling enak versi berbagai survei konsumen di Indonesia. Selain itu, pada 2011, Perseroan mulai terus menerus mengembangkan KFC Coffee, sebagai layanan baru di semua gerai KFC bertipe free-standing (gerai yang berada di bangunan yang berdiri sendiri), menyajikan rangkaian produk kopi berkualitas, disajikan panas maupun dingin, dilayani di counter terpisah dengan ruangan duduk tersendiri untuk para pecinta kopi. Untuk menarik konsumen pada jam-jam sepi, Perseroan juga mengenalkan minuman bernama Krushers dengan aneka pilihan rasa.

Untuk Mahasiswa yang masih “berkantong tipis”, restoran fastfood akan menjadi daya tarik yang lebih, karena kebanyakan harga yang ditawarkan relatif murah, mudah dan cepat. Disini KFC sangat digemari oleh kebanyakan anak muda bukan hanya karena harganya yang tergolong sangat murah saja namun KFC dapat menarik pelanggan dengan rasa yang dapat diterima oleh semua orang dan semua golongan atau lapisan masyarakat. Selain itu KFC memberikan kenyamanan bagi pengunjungnya dengan dekorasi restoran yang santai dan terbuka, terlebih lagi adanya layanan wi-fi yang semakin membuat anak muda betah untuk nongkrong. Keunggulan KFC yang lain dimata anak muda adalah layanan buka selama 24 jam yang sangat cocok untuk anak muda untuk sekedar mengobrol bersama teman tanpa harus mengeluarkan biaya mahal, terlebih lagi sekarang KFC menawarkan paket-paket makanan murah berbasis waktu, sehingga pada jam-jam tersebut biasanya KFC akan dibanjiri pengunjung. 

Untuk acara keluarga dadakan juga KFC dapat menjadi pilihan karena adanya layanan pesan antar yang juga selalu siap sedia 24 jam. Untuk yang kelaparan di jalan juga dapat memesan KFC tanpa harus repot karena adanya layanan drive thrue, tanpa harus memarkirkan kendaraan, kita dapat langsung memesannya. KFC sangat menawarkan jasa bagi semua orang dengan cepat, praktis, murah dan enak, maka dari itu KFC sangat digemari disbanding restoran-restoran fastfood yang lain.


DAFTAR PUSTAKA:
https://id.wikipedia.org/wiki/KFC


Tidak ada komentar:

Posting Komentar