Artikel Makanan Siap Saji “ KFC “
Makanan yang siap saji merupakan makanan yang
disajikan dengan cepat biasa disebut “Fast Food”. Jenis makanan ini merupakan
gaya hidup dalam kehidupan masyarakat dengan cara yang serba cepat dan
mempermudah individu untuk mengkonsumsi makanan siap saji. Keuntungan yang
diperoleh dari fast food adalah menghemat waktu, dengan mengikuti kehidupan
sekarang yang serba cepat ini, tidak ada pilihan lebih baik daripada
mendapatkan makanan siap saji. Tidak peduli berapa banyak koki memuji manfaat
makanan segar, ketika jam pulang kantor, ketika seorang pulang ke rumah dengan
keadaan lelah dan lapar, makanan siap saji merupakan makanan yang paling mudah
di peroleh tanpa harus menghabiskan waktu di dapur, memasak makanan yang
mengharuskan seseorang untuk melakukan perjalanan ke supermarket untuk membeli
bahan-bahan untuk hidangan yang sebelum dikonsumsi, semua bahan masakan membutuhkan
proses mencuci, mengupas, memasak, dan seterusnya hingga proses penyajian. Maka
itu makanan fast food lebih disukai daripada masakan makanan sendiri bagi
orang-orang yang sibuk. Selain waktu, dapat menghemat biaya sehingga memberikan
fast food keunggulan atas makanan yang disiapkan di dapur.
Banyaknya restoran cepat
saji yang berada di Indonesia menimbulkan persaingan ketat dalam kompetisi mutu
serta kualitas dari produk yang dihasilkan. Fast food atau restoran cepat saji,
mulai populer di Indonesia pada awal 1980. Dari
berbagai banyak produk makanan cepat saji salah satu diantaranya adalah
Kentucky Fried Chicken atau yang sering kita sebut KFC adalah makan cepat saji
dengan menu utama ayam. Cabang-cabangnya sudah menempati seluruh wilayah
Indonesia bahkan seluruh dunia. Biasanya KFC berada disebuah pusat perbelanjaan
agar bertujuan orang sehabis berbelanja bisa datang untuk makan ke KFC. Menu utama
yang ditawarkan oleh KFC adalah ayam yang dibumbui tepung dengan pilihan rasa
Original dan Crispy. Saat ini produk makanan KFC sampai
sekarang masih sangat diminati oleh kalangan masyarakat Indonesia meskipun
banyak makanan cepat saji lainnya.
Kentucky Fried
Chiken (KFC) merupakan salah satu restoran cepat saji yang hak eksklusif
waralabanya dipegang oleh PT.Fast Food Indonesia. KFC merupakan pemimpin global
dalam bisnis kategori fast food dengan menggunakan menu andalan daging ayam
goreng. Selain menawarkan produk ayam goreng, KFC juga memenuhi selera konsumen
dengan menu pilihan lain seperti nasi, perkedel, kentang goreng, spaghetti,
cream soup, twister, dan burger serta menawarkan produk-produk baru seperti
combo double, colonel yakiniku dan yang lainnya juga. KFC menspesialisasikan
perusahaannya pada menu ayam goreng dan memposisikan dirinya sebagai “jagonya
ayam” .
Sebagai pemegang hak waralaba tunggal
untuk merek KFC di Indonesia, PT Fast Food Indonesia Tbk didirikan oleh
Keluarga Gelael pada 1978. Pada 1979, Perseroan mendapatkan akuisisi waralaba
dengan pembukaan gerai pertama pada bulan Oktober di Jalan Melawai di Jakarta.
Pembukaan gerai pertama terbukti sukses dan diikuti dengan pembukaan geraigerai
selanjutnya di Jakarta dan ekspansi hingga ke sejumlah kota besar lainnya di
Indonesia antara lain Bandung, Semarang, Surabaya, Medan, Makassar, dan Manado.
Sukses membangun merek ini, menanamkan KFC dalam benak konsumennya sebagai
merek waralaba cepat saji yang terkenal dan dominan di Indonesia.
Pengalaman sukses dan peningkatan
pertumbuhan yang berkelanjutan selama lebih dari 30 tahun, tidak diragukan lagi
telah menjadikan merek KFC sebagai pemimpin pasar restoran cepat saji di negara
ini. Produk-produk utama Perseroan, Colonel's Original Recipe dan Hot &
Crispy, tetap menjadi produk ayam goreng paling disukai di antara semua merek
restoran cepat saji di seluruh Indonesia, yang konsisten dinilai sebagai ayam
goreng paling enak versi berbagai survei konsumen di Indonesia. Selain itu,
pada 2011, Perseroan mulai terus menerus mengembangkan KFC Coffee, sebagai
layanan baru di semua gerai KFC bertipe free-standing (gerai yang berada di
bangunan yang berdiri sendiri), menyajikan rangkaian produk kopi berkualitas,
disajikan panas maupun dingin, dilayani di counter terpisah dengan ruangan
duduk tersendiri untuk para pecinta kopi. Untuk menarik konsumen pada jam-jam
sepi, Perseroan juga mengenalkan minuman bernama Krushers dengan aneka pilihan
rasa.
Untuk Mahasiswa yang masih “berkantong
tipis”, restoran fastfood akan menjadi daya tarik yang lebih, karena kebanyakan
harga yang ditawarkan relatif murah, mudah dan cepat. Disini KFC sangat
digemari oleh kebanyakan anak muda bukan hanya karena harganya yang tergolong
sangat murah saja namun KFC dapat menarik pelanggan dengan rasa yang dapat
diterima oleh semua orang dan semua golongan atau lapisan masyarakat. Selain
itu KFC memberikan kenyamanan bagi pengunjungnya dengan dekorasi restoran yang
santai dan terbuka, terlebih lagi adanya layanan wi-fi yang semakin membuat
anak muda betah untuk nongkrong. Keunggulan KFC yang lain dimata anak muda
adalah layanan buka selama 24 jam yang sangat cocok untuk anak muda untuk
sekedar mengobrol bersama teman tanpa harus mengeluarkan biaya mahal, terlebih
lagi sekarang KFC menawarkan paket-paket makanan murah berbasis waktu, sehingga
pada jam-jam tersebut biasanya KFC akan dibanjiri pengunjung.
Untuk acara keluarga dadakan juga KFC
dapat menjadi pilihan karena adanya layanan pesan antar yang juga selalu siap
sedia 24 jam. Untuk yang kelaparan di jalan juga dapat memesan KFC tanpa harus
repot karena adanya layanan drive thrue, tanpa harus memarkirkan kendaraan,
kita dapat langsung memesannya. KFC sangat menawarkan jasa bagi semua orang
dengan cepat, praktis, murah dan enak, maka dari itu KFC sangat digemari
disbanding restoran-restoran fastfood yang lain.
DAFTAR PUSTAKA:
https://id.wikipedia.org/wiki/KFC
Tidak ada komentar:
Posting Komentar